10 Dampak Terbesar Tumbukkan Asteroid dengan Bumi (I)

Kawah bumi merupakan wasiat abadi dari peristiwa tumbukan asteroid secara langsung dengan Bumi.
vredefort,afrika selatanKawah Vredefort di Afrika Selatan. (Francesco Bandarin/UNESCO)
Asteroid 2012 DA14 diperkirakan mendekati Bumi pada Jumat (15/2) atau Sabtu dini hari WIB. Perlu diketahui sebelumnya telah ada sejarah panjang dari fenomena ini. Menurut catatan, ini menjadi asteroid dengan ukuran besar pertama yang berjarak begitu dekat dengan Bumi.
Meski dipastikan bahwa asteroid ini tidak akan bertabrakkan dengan Bumi, nampaknya planet kita tidak selalu beruntung dalam menghadapi benda langit seperti ini. Kawah bumi merupakan wasiat abadi dari peristiwa tumbukan asteroid secara langsung. Berikut adalah sepuluh kawah terbesar yang diklaim sebagai hasil tumbukan asteroid.
1. Kawah Vredefort
Kawah ini diperkirakan terbentuk sebagai hasil tumbukan asteroid dua miliar tahun lalu. Berlokasi di Free State, Afrika Selatan, Kawah Vredefort juga dikenal sebagai Dome Vredefort ialah kawah dengan ukuran jari-jari 190 kilometer. Menjadikan tempat ini sebagai dampak terbesar dari hasil tumbukan yang dikenal dunia. Kawah ini juga dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005.

2.  Sudbury Basin
Sebagai dampak dari tumbukan asteroid yang diperkirakan terjadi pada 1,8 miliar tahun yang lalu. Berlokasi di Ontario, Kanada. Struktur ini diklaim sebagai salah satu dampak terbesar asteroid pada Bumi dengan diameter sekitar 130 kilometer dan juga dianggap sebagai salah satu struktur tertua di dunia.

acraman,australiaPeta Danau Acraman di Australia dan prediksi daerah terdampak jatuhnya asteroid. (DOK.NASA).

3. Kawah Acraman
Terbentuk dari hasil tumbukan asteroid yang diperkiran 580 juta tahun yang lalu terdapat di Australia bagian selatan. Terletak di lokasi apa yang dikenal saat ini sebagi Danau Acraman, struktur ini memiliki diameter kurang lebih 90 kilometer.

4. Kawah Woodleigh
Terbentuk sekitar 364 juta tahun yang lalu, berlokasi di Australia Barat. Kawah ini tak tersingkap di permukaan sehingga menyebabkan banyak perbedaan mengenai ukuran sebenarnya. Laporan mencatat diameter kawah ini bervariasi mulai dari 40 hingga 120 kilometer.

5. Kawah Manicouagan
Sebagai hasil tumbukan asteroid pada 215 juta tahun yang lalu, terdapat di Quebec, Kanada. Kawah ini sekarang terkenal dengan nama Danau Manicouagan. Meski terjadi erosi, kawah ini memiliki diameter mencapai 100 kilometer dan dianggap sebagai salah satu yang terbesar dan paling terpelihara dengan baik di Bumi.
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger