10 Dampak Terbesar Tumbukkan Asteroid dengan Bumi (II)

Kawah bumi merupakan wasiat abadi dari peristiwa tumbukan Bumi dengan asteroid secara langsung.
bumi,dinosaurus,asteroid,meteorIlustrasi tumbukkan Bumi dengan benda langit yang mengakibatkan punahnya dinosaurus. ( Mark Garlick, Science Source/National Geographic News).
Planet kita tidak selalu beruntung dalam menghadapi tumbukan asteroid. Jika sebelumnya sudah dipaparkan lima dari sepuluh dampak terbesar tumbukkan asteroid dengan Bumi, berikut diuraikan lima kawah lainnya.
6. Kawah Morokweng
Diperkiran terbentuk dari peristiwa tumbukan asteroid pada 145 juta tahun yang lalu, terdapat di North West, Afrika Selatan. Kawah ini berlokasi berdekatan dengan Gurun Kalahari di Afrika Selatan. Di kawah ini mengandung sisa-sisa fosil meteorit yang membentuknya.
7. Kawah Kara
Terbentuk sebagai hasil tumbukan asteroid pada 70,3 juta tahun yang lalu di Nenetsia, Rusia. Kondisi kawah saat in sangat terkikis. Kawah Kara merupakan struktur dampak fenomena tumbukan asteroid namun tidak terlalu menonjol di Rusia. Beberapa sumber mengklaim sebenarnya struktur ini terdiri dari dua kawah yang berdekatan yaitu Kara dan Ust-Kara.
8. Kawah Chicxulub
Diperkirakan terbentuk pada 65 juta tahun yang lalu terdapat di Yucatán, Meksiko. Kawah yang  berlokasi di semananjung Yucatan, Meksiko, ini terbentuk sebagai hasil tumbukan asteroid yang juga dipercaya oleh banyak ilmuwan berkontribusi terhadap kepunahan dinosaurus.
Diperkirakan memilki diameter antara 170 hingga 300 kilometer. Jika perhitungan ini terbukti benar maka kawah ini menjadi yang terbesar di dunia.

kawah,rusia,popigaiFoto satelit Kawah Popigai di Rusia. (DOK.NASA)

9. Kawah Popigai
Sebagai dampak asteroid yang terbentuk pada 35,7 juta tahun yang lalu dan terdapat di Siberia, Rusia. Ilmuwan Rusia mengklaim bahwa situs ini mengandung triliunan karat berlian sekaligus menjadikannya sebagai salah satu tambang berlian terbesar di dunia.
10. Kawah Chesapeake Bay
Kawah yang terletak di Virginia, Amerika Serikat diperkirakan terbentuk pada 35 juta tahun yang lalu. Kawah ini ditemukan awal tahun 1980, terletak sekitar 201 kilometer dari Washington D.C. Diperkirakan kawah ini memiliki lebar 85 kilometer.

(Umi Rasmi/Zika Zakiya. National Geographic News)
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger