ESO Tampilkan Zoom Pipe Nebula

alt


Gambar baru dari European Southern Observatory (ESO) menunjukkan debu awan raksasa yang disebut Pipe Nebula, dengan fokus pada corongnya: nampak sekelompok bintang kecil yang disebut Barnard 59.






Pipa Nebula terletak antara 600 dan 700 tahun cahaya. Ini adalah nebula gelap khas dengan awan sangat tebal yang menutupi bintang-bintang luar.

Nebula ini juga sebagai induk Barnard 65, 66 dan 67, yang berbentuk batang pipa, dan Barnard 78 yang berbentuk mangkuk.

Foto itu diambil dengan Wide Field Imager 67-juta pixel pada Max Planck Gesellschaft (MPG) 2,2 meter teleskop ESO di La Silla Observatory di Andes Chili. Luas pandang sama besar dengan bulan purnama.

Selain awan tipis di tengah gambar, beberapa wilayah yang sedikit lebih cerah dapat dilihat di mana beberapa bintang-bintang baru terbentuk di tengah gumpalan gas dan debu.

Garis-garis warna-warni adalah asteroid yang lebarnya beberapa kilometer dan sebagian besar pada sabuk asteroid antara orbit Mars dan Jupiter.

Pipe Nebula dapat dilihat dengan mata telanjang ketika langit gelap dan jelas, dan lebih terlihat di lintang selatan, muncul lebih tinggi di atas langit.

(EpochTimes/sua)

jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger