Kerajaan yang Pernah dan Masih Ada di Pulau Jawa

Kerajaan-kerajaan Nusantara di bawah ini pernah dan masih ada di Pulau Jawa.

0-600 (Hindu-Buddha pra-Mataram)

Salakanagara, Tarumanagara, Sunda-Galuh, Kalingga, Kanjuruhan

600-1500 (Hindu-Buddha)

Mataram Hindu, Kahuripan, Janggala, Kadiri, Singasari, Majapahit, Pajajaran, Blambangan

1500-sekarang (Islam)

Demak, Kalinyamat, Pajang, Banten, Cirebon, Sumedang Larang, Mataram Islam (Kartasura, Surakarta, Yogyakarta, Mangkunagara, Paku Alam)

1) *Agrabinta adalah sebuah kerajaan yang berada di daerah Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur Sekarang wilayah Selatan Jawa Barat pulau Jawa, Kerajaan didirikan pada abad ke-2 Masehi.

2) *Banten adalah sebuah kerajaan yang didirikan awal abad ke-16 saat kejatuhan Majapahit.

3) *Blambangan adalah sebuah kerajaan yang ada pada akhir era Majapahit di daerah Blambangan, selatan Banyuwangi.

4) *Demak adalah sebuah kerajaan Islam pertama di Jawa, didirikan di Demak pada tahun 1478 oleh Raden Patah.

5) *Gebang adalah sebuah kerajaan bawahan dari Kesultanan Cirebon, di Jawa.

6) *Janggala adalah salah satu dari dua kerajaan pecahan Kahuripan tahun 1049 (satu lainnya adalah Kadiri), yang dipecah oleh Airlangga untuk dua puteranya.

7) **Kesultanan Cirebon adalah sebuah kesultanan Islam ternama di Jawa Barat pada abad ke-15 dan 16 Masehi, dan merupakan pangkalan penting dalam jalur perdagangan dan pelayaran antar pulau. Lokasinya di pantai utara pulau Jawayang merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, membuatnya menjadi pelabuhan dan “jembatan” antara kebudayaan Jawa dan Sundasehingga tercipta suatu kebudayaan yang khas, yaitu kebudayaan Cirebon yang tidak didominasi kebudayaan Jawa maupun kebudayaan Sunda.

8) **Kasepuhan Cirebon adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon, Jawa Barat. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo didalamnya.

Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yang dikeramatkan yaitu kereta Singa Barong. Kereta ini saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan.

Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Didalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja.

9) **Kacirebonan atau Keraton Kacirebonan dibangun pada tanggal 1800 M. Keraton ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan sejarah seperti keris, wayang, perlengkapan perang, gamelan, dan lain-lain.

Seperti halnya Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, Keraton Kecirebonan pun tetap menjaga, melestarikan serta melaksanakan kebiasaan dan upacara adat seperti Upacara Pajang Jimat dan sebagainya.

Keraton Kacirebonan berada di wilayah kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan, tepatnya 1 km sebelah barat daya dari Keraton Kasepuhan dan kurang lebih 500 meter sebelah selatan Keraton Kanoman.

10) *Kadiri, Kediri adalah sebuah kerajaan yang bercorak Hindu di Jawa Timur, berdiri sekitar tahun 1045-1221. Disebut juga dengan nama Panjalu atau Dhaha.

11) *Kahuripan adalah sebuah kerajaan di Jawa Timur yang didirikan oleh Airlangga pada tahun 1019. Kerajaan ini dibangun dari sisa-sisa istana Kerajaan Medang yang telah dihancurkan oleh Sriwijaya pada tahun 1019.

12) *Kalibawang adalah sebuah kerajaan merdeka yang dibentuk tahun 1831 oleh Sultan Yogyakarta untuk cucu dari Sultan Abdul Rahman Amangku Buwono II (keakuratan dipertanyakan).

13) *Kalingga adalah sebuah kerajaan bercorak Hindu di Jawa Tengah, yang pusatnya berada di daerah Kabupaten Jepara sekarang.

14) *Kalinyamat adalah sebuah kerajaan yang terdapat di Jepara, tembok bentengnya membentang di beberapa desa, meliputi Purwogondo, Margoyoso, Kriyan, Bakalan, Robayan, dan pusat Kraton / Siti Inggil di Kriyan, kerajaan Kalinyamat terdapat di daerah Kalinyamatan. Kekuasaan Kerajaan Kalinyamat meliputi Jepara, Kudus, Pati, Rembang, dan Mataram. Tanah Pati dan Tanah Mataram di buat sayembara untuk siapa saja yang berhasil membunuh Arya Penangsang.

15) **Kanoman adalah sebuah keraton pusat peradaban Kesultanan Cirebon, yang kemudian terpecah menjadi Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabon. Kebesaran Islam di Jawa Barat tidak lepas dari Cirebon. Sunan Gunung Jati adalah orang yang bertanggung jawab menyebarkan agama Islam di Jawa Barat, sehingga berbicara tentang Cirebon tidak akan lepas dari sosok Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

16) **Keprabon adalah sebuah keraton yang terletak di Kecamatan Kecamatan Lemahwungkuk, dekat Keraton Kanoman. Keraton ini dari segi arsitektural disebut bangunan Ndalem, karena Keraton Keprabon tidak memiliki struktur sebuah komplek atau bangunan keraton, tidak memiliki alun-alun, dan masjid agung, namun lebih terlihat sebagai sebuah kediaman pemangku adat (Ndalem). Akses masuk keraton ini adalah melalui sebuah gang selebar 3 meter di antara deretan ruko. Bangunan di dalamnya pun sangat sederhana, tidak menunjukkan kemewahan dan kemegahan sebuah keraton, lebih berbentuk rumah dengan halaman kecil di dalamnya.

17) *Kanjuruhan adalah sebuah kerajaan bercorak HIndu di Jawa Timur, yang pusatnya berada di dekat Kota Malang sekarang. Kanjuruhan diduga telah berdiri pada abad ke-6 Masehi (masih sezaman dengan Kerajaan Tarumanagara di sekitar Bekasi dan Bogor sekarang). Bukti tertulis mengenai kerajaan ini adalah Prasasti Dinoyo. Rajanya yang terkenal adalah Gajayana. Peninggalan lainnya adalah Candi Badut dan Candi Wurung.

18) *Kartasura atau Kasunanan Kartasura adalah sebuah kerajaan di Pulau Jawa yang berdiri pada tahun 1680 dan berakhir tahun 1742, sebagai kelanjutan dari Kesultanan Mataram. Riwayat kerajaan yang usianya relatif singkat ini cenderung diwarnai oleh perang saudara memperebutkan takhta. Lokasi pusat Kasunanan Kartasura saat ini diperkirakan terdapat di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

19) *Madura adalah sebuah kerajaan di daerah Madura, Jawa Timur, dengan tokoh terkenalnya Joko Tole da Trunojoyo.

20) *Mataram Kuno adalah sebuah kerajaan Hindu-Buddha di Yogyakarta. Pada masa ini dibangunlah Candi Borobudur atas perintah Raja Samaratungga.

21) *Nanggulan adalah sebuah kerajaan yang dibentuk oleh Sultan Yogyakarta tahun 1831.

22) **Pakualaman adalah sebuah kerajaan seluas 417.62 km² yang didirikan pada 22 Juni 1812 atau 17 Maret 1813 di Yogyakarta.

23) *Pakuan Pajajaran atau Pakuan (Pakwan) atau Pajajaran adalah pusat pemerintahan Kerajaan Sunda, sebuah kerajaan yang selama beberapa abad (abad ke-7 hingga abad ke-16) pernah berdiri di wilayah barat pulau Jawa. Lokasi Pakuan Pajajaran berada di wilayah Bogor, Jawa Barat sekarang.

24) Pajang adalah sebuah kerajaan yang didirikan oleh Jaka Tingkir di Pajang, Surakarta, Jawa Tengah.

25) *Salakanagara, berdasarkan Naskah Wangsakerta - Pustaka Rajyarajya i Bhumi Nusantara (yang disusun sebuah panitia dengan ketuanya Pangeran Wangsakerta) diperkirakan merupakan kerajaan paling awal yang ada di Nusantara).

Nama ahli dan sejarawan yang membuktikan bahwa tatar Banten memiliki nilai-nilai sejarah yang tinggi, antara lain adalah Husein Djajadiningrat, Tb. H. Achmad, Hasan Mu’arif Ambary, Halwany Michrob dan lain-lainnya. Banyak sudah temuan-temuan mereka disusun dalam tulisan-tulisan, ulasan-ulasan maupun dalam buku. Belum lagi nama-nama seperti John Miksic, Takashi, Atja, Saleh Danasasmita, Yoseph Iskandar, Claude Guillot, Ayatrohaedi, Wishnu Handoko dan lain-lain yang menambah wawasan mengenai Banten menjadi tambah luas dan terbuka dengan karya-karyanya dibuat baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

26) *Singhasari adalah sebuah kerajaan yang dibentuk oleh Ken Arok, di Jawa Timur pada tahun 1222.

27) *Sumedang Larang adalah sebuah kerajaan Islam yang diperkirakan berdiri sejak abad ke-15 di Jawa Barat.

28) *Sumedang Kamulyan adalah sebuah kerajaan di Malang Selatan, Kepanjen Kidul Jawa Timur.

29 & 30 ) *Sunda dan *Galuh adalah dua kerajaan yang merupakan pecahan dari Kerajaan Tarumanagara.

31) *Sugaluh adalah sebuah kerajaan kecil yang masih berhubungan dengan kerajaan Sunda-Galuh, didirikan pada 1672 oleh keturunan ke-3 Prabu Niskala Wastu Kancana yaitu Yan Amarta Dwija. Kerajaan ini berdiri di daerah gunung Sangkur hingga ke daerah pedalaman Banjar-Pataruman Jawa Barat.

32) **Surakarta Hadiningrat atau Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah sebuah kerajaan di Jawa Tengah yang berdiri tahun 1755 sebagai hasil dari Perjanjian Giyanti 13 Februari 1755. Perjanjian antara VOC dengan pihak-pihak yang bersengketa di Kesultanan Mataram, yaitu Sunan Pakubuwana III dan Pangeran Mangkubumi, menyepakati bahwa Kesultanan Mataram dibagi dalam dua wilayah kekuasaan yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Kerajaan ini seluas 3.635 km².

34) **Yogyakarta atau Ngayogyakarta Hadiningrat adalah negara dependen yang berbentuk kerajaan. Kedaulatan dan kekuasaan pemerintahan negara diatur dan dilaksanakan menurut perjanjian/kontrak politik yang dibuat oleh negara induk Kerajaan Belanda bersama-sama negara dependen Kesultanan Ngayogyakarta. Kontrak politik terakhir antara negara induk dengan kesultanan adalah Perjanjian Politik 1940 (Staatsblad 1941, No. 47). Sebagai konsekuensi dari bentuk negara kesatuan yang dipilih oleh Republik Indonesia sebagai negara induk, maka pada tahun 1950 status negara dependen Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat (bersama-sama dengan Kadipaten Pakualaman) diturunkan menjadi daerah istimewa setingkat provinsi dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta.

* Pernah ada maksudnya bahwa kerajaan ini pernah ada, tetapi kini sudah tidak berlangsung tata mempunyai kaprajan atau tata pemerintahan.

** Masih ada maksudnya bahwa tata kaprajan atau tata pemerintahan masih berlangsung hingga detik ini.

(sumber: wikipedia, berbagai sumber)

Banyu Wijaya
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger