Khalifah Abdurrahman III, Sang Pemenang (3)

Khalifah Abdurrahman III, Sang Pemenang (3)




Ilustrasi

Ketika Khalifah Abdurrahman III berkuasa selama 32 tahun, rakyat yang berada di wilayah kekuasaan Kekhalifahan Cordoba hidup dalam kesejahteraan, kemakmuran dan kedamaian.

Sarana prasarana transportasi yang dibangun di era kepemimpinannya telah membuat sektor industri dan perdagangan berdenyut.

Para pebisnis dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong datang ke Cordoba. Tak salah bila kemudian rakyat begitu mencintai Abdurrahman III.

Sejak sang khalifah naik tahta, beragam harga kebutuhan pokok terus turun dan makin terjangkau. Inilah yang membuat rakyat hidup makin sejahtera, karena setiap strata sosial mampu membeli barang-barang yang mereka butuhkan.

Roda perekonomian tak hanya digerakkan perdagangan dan bisnis. Sang khalifah memperkuat pilar perekonomian negera yang dipimpinnya dengan membangun sektor pertanian dan perkebunan.

Secara sistematis, jaringan irigasi dibangun di sentero negeri untuk mengairi areal pertanian serta memenuhi kebutuhan rakyatnya akan air bersih.

Berkat kedamaian dan kepastian hukum yang tercipta di era kepemimpinan Abdurrahman III, sederet industri raksasa berdiri di setiap wilayah di Spanyol. Cordoba, Seville, dan Akmeria pun menjadi sentra industri penting di kekhalifahan itu.

Semua sektor itu menyumbang pemasukan yang begitu besar. Pendapatan kekhalifahan Cordoba mencapai lebih dari 12 juta keping dinar (koin emas) per tahun.

Geografer Muslim, Al-Idrisi, sangat mengagumi keberhasilan Khalifah Abdurrahman III dalam memimpin pemerintahan. ''Cordoba sangat pesat dalam bidang keilmuan dan begitu giat dalam kesalehan,'' ungkap Geografer Muslim terkemuka, Al-Idrisi.

Sang geografer juga menggambarkan betapa rakyat Cordoba di era kepemimpinan Abdurrahman III begitu memegang prinsip kejujuran.


Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Heri Ruslan
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger