Khalifah Abdurrahman III, Sang Pemenang (4-habis)

Khalifah Abdurrahman III, Sang Pemenang (4-habis)

Ilustrasi

Menurut Al-Idrisi, masyarakat Cordoba yang hidup sejahtera di era kepemimpinan Abdurrahman III, juga menggemari musik.

Sang Khalifah pun lalu membangun istana yang yang indah yakni Istana Madinah Az-Zahra sebagai simbol kebesaran dan kemegahan kekhalifahan yang dipimpinnya.

Madinah Az-Zahra yang terletak 5 km dari pusat Kota Cordoba itu diperuntukkan sebagai pusat pemerintahan Andalusia.

Sejarawan berkebangsaan Turki, Zia Pasya, melukiskan keindahan istana itu sebagai mukjizat yang belum pernah tergambar dalam benak pembangunan manapun sejak dunia ada.

Sang Khalifah tak hanya membangun istana yang megah. Dia pun membangun kota Cordoba -seakan-akan seperti 'Firdaus' dunia.

Pada masa itu, di Cordova terdapat 283 ribu unit rumah tinggal, 900 kamar mandi umum, 800 unit sekolah, serta 50 unit rumah sakit. Sebuah kota yang ideal. Pemerintahan Abdurrahman III telah menciptakan ketentraman bagi rakyatnya.

Sepertiga dari penerimaan tahunan yang mencapai 6,245 juta keping emas digunakan untuk belanja negara. Sisanya dialokasikan untuk pengembangan pertanian, industri dan perdagangan.

Tanpa korupsi, pemerintahan Abdurrahman III mampu menciptakan sebuah negara yang bisa membuat rakyatnya hidup bahagia, damai, dan sejahtera.


Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Heri Ruslan
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger