Runtuhnya Dinasti Umayyah (5)

Runtuhnya Dinasti Umayyah (1)
Keruntuhan Dinasti Umayyah (ilustrasi).
Para raja kecil
Tumbuhnya negeri-negeri yang berhaluan Syiah dan Khawarij di wilayah pinggiran,  serta sejumlah gubernur yang diangkat oleh Abbasiyah menjadi begitu kuat dan berpengaruh, membuat mereka membangun dinasti sendiri di daerahnya dan mewariskan kedudukannya kepada keturunannya.

Salah satu contohnya adalah Dinasti Aglabid di Afrika Utara. Dinasti ini didirikan oleh seorang gubernur Abbasiyah yang dikirim oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid ke Tunis pada tahun 800 M.

Keutuhan wilayah Abbasiyah juga terancam dengan hadirnya armada angkatan laut Bizantium (Romawi Timur) yang mendarat di delta Sungai Nil. Ahmad bin Tulun yang dikirim oleh Abbasiyah pada 868 M untuk mengamankan Mesir justru memproklamirkan kemerdekaan dari Abbasiyah dengan mendirikan Dinasti Tulun.

Elite militer dan pedagang
Disintegrasi Abbasiyah menjadi sejumlah dinasti provinsi yang independen menunjukkan adanya perubahan yang mendasar dalam struktur pemerintahan dan masyarakat.

Munculnya elite militer bekas budak dan sistem pengaturan konsesi lahan semakin memperjelas bahwa tidak saja penguasa Abbasiyah yang semakin lemah, akan tetapi memang juga terjadi pergeseran kekuasaan dari elite lama ke elite baru.

Transformasi sistem sosial dan politik itu telah dimulai pada abad ke-9 M. Pemerintahan Abbasiyah awal didirikan atas koalisi pejabat pemerintahan pusat dengan keluarga pengusaha dan tuan tanah di daerah.

Setelah beberapa abad, para pejabat pemerintahan pusat cenderung semakin didominasi oleh keturunan birokrat istana dan meminggirkan mereka yang berasal dari keluarga penguasa daerah.




Redaktur: Chairul Akhmad
Reporter: Nidia Zuraya
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger